logo.png
www.rscahyakawaluyan.com


[PKRS] World Kidney Day 2017

Penyakit Ginjal dan Obesitas
Gaya Hidup Sehat Untuk Kesehatan Ginjal Anda












Gaya hidup sehat untuk ginjal yang sehat

Penyakit ginjal kronis tidak memiliki gejala, kesadaran adalah kunci dari pencegahan

1 dari 10 orang dunia menderita penyakit ginjal

Ginjal menyaring 1700 liter darah dalam 1 hari.

Jagalah ginjal agar tetap sehat.

 

World Kidney Day

Pentingnya Fungsi Ginjal Bagi Kesehatan

 

World Kidney Day yang dicetuskan oleh International Society of Nephrology (ISN) dan International Federation of Kidney Foundation (IFKF) diperingati di seluruh dunia. World Kidney Day memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal terhadap kesehatan dan berupaya untuk mengurangi frekuensi dan dampak dari penyakit dan gangguan kesehatan ginjal di seluruh dunia. Berdasarkan WHO, definisi Obesitas adalah akumulasi kelebihan lemak yang dapat mereprestasikan gangguan kesehatan.

Menurut studi Global Burden of Diseases yang dipublikasi oleh Jurnal Lancet tahun 2014, jumlah orang di dunia yang dikatagorikan kelebihan berat badan yang melampaui 2,1 miliar atau naik 875 juta dari 1980 dan dari 10 negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia, dan Indonesia berada di peringkat 10. Khusus di Indonesia, angka obesitas pada anak ternyata 12 % dan angka ini adalah angka tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya Hipertensi dan Diabetes Mellitus. Berdasarkan data dari Renal Registry tahun 2014 meunjukkan 56 % penderita penyakit ginjal adalah usia produktif di bawah 55 tahun. Untuk itu, masyarakat Indonesia sedini mungkin harus mulai meningkatkan kesadaran dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu yang memicu terjadinya obesitas adalah pola konsumsi makanan dan minuman manis. Konsumsi minuman manis menjadi sebuah realita yang sulit diletakkan karena relatif mudahnya ketersediaan dan akses mendapakan produk – produk tersebut di sekitar rumah maupun sekolah. Pola hidrasi yang tidak baik terkait dengan konsumsi gula dalam minuman, berkaitan erat dengan obesitas. Berdasarkan hal – hal yang telah dijelaskan diatas serta diperingatinya World Kidney Day pada tanggal 9 Maret 2017 dengan tema Healthy Lifestyle for Healthy Kidney.

Obesitas didefinisikan sebagai akumulasi lemak abnormal atau berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan. Pada tahun 2014, di seluruh dunia lebih dari 600 juta orang dewasa mengalami obesitas. Obesitas merupakan faktor resiko yang kuat untuk terjadinya penyakit ginjal. Meningkatkan risiko mengembangkan faktor risiko utama penyakit ginjal kronis, seperti diabetes, hipertensi, dan memiliki dampak langsung pada perkembangan penyakit CKD dan tahap akhir. Pada individu yang terkena obesitas, ginjal harus bekerja lebih keras, menyaring darah lebih banyak dari biasanya untuk memenuhi tuntutan metabolik berat badan meningkat. Peningkatan fungsi dapat merusak ginjal dan meningkatkan risiko mengembangkan CKD dalam jangka panjang.

Kabar baiknya adalah bahwa obesitas sebagai CKD sebagian dapat di cegah. Edukasi dan kesadaran akan risiko obesitas dan gaya hidup sehat termasuk nutrisi yang tepat, olahraga, dapat secara dramatis membantu dalam mencegah penyakit obesitas dan ginjal.

Tanggal 9 Maret 2017 adalah hari tahun ginjal sedunia, kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit - Rumah Sakit Cahya Kawaluyan (PKRS-RSCK) mengadakan penyuluhan kesehatan tentang gaya hidup sehat untuk ginjal yang sehat yang diselenggarakan di ruang tunggu klinik penyakit dalam.

bilamana ada yang ingin anda ketahui, anda dapat juga menghubungi:
Bagian Customer Service atau Bagian Informasi
dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS)
RS. Cahya Kawaluyan (Grup RS. Santo Borromeus)

Jl. Raya Parahyangan KM 3 Kota Baru Parahyangan
Padalarang, Bandung Barat
Telp. 022-6803700 Ext 1136/1138



 


^ Back To Top