• (022) 680 3700
  • marketing@rscahyakawaluyan.com
0812 1111 8009

Ada apa dengan Jamur Enoki dan Bakteri Listeria ?

Jamur Enokitake atau umumnya disebut jamur enoki adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge.

 

Kandungan gizi dari jamur Enokitake ini cukup banyak, diantaranya adalah kandungan serat yang banyak, protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Jamur ini tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet. Jamur Enokitake juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor.

 

Pada akhir ini-akhir ini, jamur Enokitake atau biasa disebut jamur Enoki ini ramai dibicarakan terkait dengan temuan bakteri listeria pada jamur ini yang berdampak pada kesehatan tubuh. Bakteri ini menginfeksi manusia dengan berbagai cara salah satunya, konsumsi sayuran mentah yang berasal dari tanah yang terkontaminasi bakteri.

 

Dalam proses penyimpanan bahan makanan bakteri listeria dapat bertahan hidup dalam kulkas dan freezer, tetapi masyarakat umum tidak perlu khawatir. Infeksi listeria bisa kita cegah dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut, seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, membersihkan alat-alat masak dengan air hangat dan sabun, mencuci sayuran mentah dengan air mengalir, dan memastikan makanan yang dimasak benar-benar matang. Hal yang sama dapat diterapkan dalam mengolah jamur enoki sebagai pencegahan infeksi bakteri Listeria, .

 

 

Ahli gizi RSCK

Ingin tau lebih banyak terkait kandungan nutrisi pada makanan lainnya?
Yuk konsultasi Gizi di Rumah Sakit Cahya Kawaluyan.
Jadwal Klinik Gizi RS Cahya Kawaluyan

Senin-Jumat 07.30-14.00

Sabtu 07.30-11.30