• (022) 680 3700
  • marketing@rscahyakawaluyan.com
0812 1111 8009

OLAH RAGA MENJAGA KESEHATAN

Artikel kesehatan : PKRS _ RS Cahya Kawaluyan

 

Retno Lestari, S.KM

 

OLAH RAGA MENJAGA KESEHATAN

 

Olah raga menyehatkan! Inilah ungkupan masyarakat. Artinya masyarakat meyakini benar manfaat olah raga bagi kesehatan. Tapi bagaiamana olah raga dapat menyehatkan? Berapa lama kah kita harus berolah raga agar mendapatkan manfaat yang optimal?

Perlu dikatehui bahwa pada awal abad 21 harapan hidup diperkirakan mencapai 70 tahun. Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, kondisi ini perlu diantisipasi agar usia lanjut tetap sehat, sejahtera dan mandiri, sehingga tidak menjadi beban berat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Mengapa perlu Olah raga

Gerak adalah ciri kehidupan. . Tiada hidup tanpa gerak dan apa guna hidup bila tak mampu bergerak. Memelihara gerak adalah mempertahanan hidup, meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkan kualitas hidup. Sehingga ada yang menyimpulkan : Bergeraklah untuk lebih hidup, jangan hanya bergerak karena masih hidup

Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (yang berarti memelihara hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (yang berarti meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, gerak (olahraga) merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya terusmenerus; artinya olahraga sebagi alat untuk memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan. Olahraga merupakan alat untuk merangsang perkembangan fungsional jasmani, rohani dan sosial menuju sejahtera paripurna.

 

Manfaat dari berolah raga:

  1. Mengendalikan berat badan

Berolah raga secara teratur mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan, maka olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, jipertensi (darah tinggi) dan sebagainya

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

  1. Mencegah nyeri punggung

Peningkatan kekuatan dan ketahanan otot serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung.

 

 

  1. Mencegah osteoporosis

Faktor risiko yang berperan dalam terjadinya defisiensi vitamin D salah satunya antara lain kurangnya paparan sinar matahari. Sinar matahari yang mengandung ultraviolet A berfungsi mengubah provitamin D di kulit menjadi vitamin D.

Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, terutama dilakukan di saat pagi hari sehingga kita tidak hanya mendapatkan sehat tetapi mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, yang selanjutnya akan bermanfaat untuk tulang kita (mencegah osteoporosis)

 

Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat olahraga tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Memperbaiki suasana hati dan mengatasi stres

Ketika Anda merasa stres, atau mengalami mood yang buruk setelah menjalani hari yang penuh tekanan, maka lakukanlah olah raga selama 30 menit. Olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Penelitian terhadap efek psikologis dari olahraga mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi depresi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Apakah Anda sulit tidur pada malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

  1. Menikmati waktu menyenangkan

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya bersama-sama.

 

Waktu yang dibutuhkan Olahraga?

Jika saat ini Anda tidak terbiasa berolahraga dan tidak aktif bergerak sepanjang hari, mulailah melakukan aktivitas fisik apa pun yang dapat meningkatkan detak jantung Anda. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama 1-2 jam per minggu atau sekitar 15-20 menit per hari akan menurunkan risiko berbagai penyakit.

Secara umum, orang dewasa berusia 19-64 tahun membutuhkan total waktu olahraga yang dibutuhkan adalah sekitar 150 menit per minggu, sehingga jika dirata-ratakan 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu.

Jenis olahraga apa pun yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik Anda. Raih manfaat olahraga demi kualitas hidup yang lebih baik. Selamat berolahraga!

* Dirangkun dari berbagai sumber