• 0812 1111 8009
  • humaspemasaran.rsck@gmail.com
(022) 680 3700

Mengenal Quinoa Makanan Bergizi Pengganti Nasi

Di masa sekarang ini banyak sekali informasi mengenai kesehatan terutama mengenai makanan sehat yang wajib kita ketahui. Disamping itu sekarang ini tingkat kesadaran manusia akan pentingnya gaya hidup sehat sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya yang belum diketahui banyak orang diantaranya Quinoa.

Quinoa adalah salah satu pilihan makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari orang biasa yang menerapkan gaya hidup sehat, penganut diet vegetarian, hingga atlet. Jika dibandingkan dengan benih-benihan lain, quinoa kaya akan serat dan tinggi protein, serta bebas gluten. Tidak heran kalau quinoa punya banyak manfaat bagi kesehatan sehingga. Quinoa ini merupakan salah satu superfood yang dapat di konsumsi. Superfood merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Quinoa merupakan tanaman asli daerah Andean Peru, Ekuador, Bolivia dan Kolombia. Tanaman tersebut bentuknya seperti padi, menghasilkan biji yang dapat digiling dan digunakan sebagai sereal. Quinoa tersedia dalam warna putih, merah, hitam, dan kuning. Cara mengolahnya menyerupai nasi, yaitu dicuci lebih dulu baru ditanak. 

 

Kandungan nutrisi pada quinoa

Quinoa adalah salah satu sumber protein nabati yang mengandung semua asam amino esensial untuk perkembangan otot dan kesehatan tubuh dibandingkan dengan beras dan gandum. Protein lisin berperan dalam produksi kolagen, hormon serta enzim, juga menunjang fungsi sistem imun dan meningkatkan penyerapan mineral. Disamping itu, di dalam quinoa juga terdapat antioksidan kuat, termasuk quercetin dan kaempferol.

Benih yang bentuknya menyerupai biji-bijian ini sangat mengenyangkan dan bisa membantu menurunkan berat badan dengan mengontrol nafsu makan. 

Hasil uji klinis yang dilakukan oleh Brittany L. G. tahun 2015, menunjukkan bahwa quinoa memiliki efek proteksi terhadap penyakit jantung dan meningkatkan fungsi metabolisme.

Dalam 100 gram quinoa matang mengandung:

  • 120 kalori
  • 4,4 gram protein
  • 21,3 gram karbohidrat
  • 1,92 gram lemak 
  • 2,8 gram serat
  • 6,4 miligram (mg) mineral magnesium
  • 152 mg fosfor
  • 42 mikrogram (mcg) folat (vitamin B9)
  • 172 mg mineral kalium

Tidak hanya itu, quinoa juga mengandung mineral mangan, tembaga, zat besi, zinc, vitamin B1, B2, dan B6, serta sejumlah kecil kalsium, niacin, dan vitamin E.

 

Apakah mengonsumsi quinoa dapat menurunkan berat badan?

Sebetulnya, quinoa tidak berperan langsung dalam penurunan berat badan. Tetapi, dengan kandungan quinoa yang tinggi protein dan serat akan memudahkan seseorang untuk mencapai berat badan ideal yang diinginkannya.

Kenapa bisa begitu?

Kombinasi protein dan serat pada quinoa akan menekan rasa lapar, yang akhirnya mengurangi asupan makanan. Serat tinggi yang terdapat pada quinoa pun dikatakan mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, quinoa memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tetapi, hal ini tidak serta-merta membuat Anda boleh sembarangan mengonsumsinya. Sebaiknya makanlah quinoa dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. 

“Kombinasikan juga quinoa dengan bahan makanan rendah gula ataupun rendah lemak lainnya untuk menurunkan berat badan. Prinsip utama dalam menurunkan berat badan tidak hanya di pilihan makanan, namun juga jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-hari.” jelasnya lagi. 

 

Manfaat lain dari konsumsi quinoa

  • Menurunkan berat badan

Quinoa tinggi serat sehingga baik dikonsumsi dengan tujuan untuk elancarkan kerja saluran pencernaan (mencegah sembelit) serta menurunkan berat badan

  • Menurunkan risiko jantung koroner
  • Membangun massa otot dan meningkatkan kekuatannya.

Makanan tinggi protein memang bagus untuk pembentukan serta pemeliharaan otot, dan menguatkannya.

  • Mencegah anemia.

Zat besi di dalamnya memainkan peran dalam produksi energi dan sel darah merah. Mineral tersebut pun memelihara fungsi sistem imun dan mencegah risiko anemia.

  • Mencegah kerusakan sel.

Antioksidan di dalamnya membantu melindungi dan melawan efek kerusakan pada sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

  • Memiliki efek antiinflamasi.
  • Membantu mengontrol gula darah

Quinoa memiliki glycemic index sebesar 53, yang berarti tergolong rendah, sehingga bagus untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil, dan ini baik bagi para penderita diabetes tipe 2.

 

Dengan berbagai manfaat Quinoa dapat digunakan sebagai pengganti nasi, bahan makanan penutup, maupun sebagai bahan pembuat camilan sehingga komponen makanan yang kita konsumsi lebih seimbang dan kecukupan gizi tubuh menjadi lebih optimal.

 

Referensi:

Kris G. 2018. 11 Proven Health Benefits of Quinoa.

Jessie S. 2018. Quinoa: Health Benefits & Nutrition Facts.

Moira L. 2019. 6 Reasons Quinoa Is Better Than White Rice for Weight Loss.

Andra P. 2019. Quinoa and Weight Loss.

Diana Navarro-Perez, dkk. 2017. Quinoa Seed Lowers Serum Triglycerides in Overweight and Obese Subjects: A Dose-Response Randomized Controlled Clinical Trial. Curr Dev Nutr. 1(9): e001321.

U.S. Department of Agriculture. 2019. Quinoa, cooked.

 

Oleh : stella cantika - Ahli Gizi RS Cahya Kawaluyan

Layanan Klinik Gizi RS Cahya Kawaluyan

Senin - Jumat 07.30 - 14.00
Sabtu 07.30 - 11.30

Link Informasi dan Pelayanan RS Cahya Kawaluyan klik disini
Atau Scan barcode berikut