Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) : BERJEMUR DIBAWAH SINAR MATAHARI, DAPAT TINGKATKAN IMUN LAWAN CORONA !

Salah satu upaya untuk mengindari terinfeksi virus corona adalah dengan memperkuat daya tahan tubuh atau imun.Guna mencegah penyebaran virus tersebut, pemerintah pusat telah mengeluarkan berbagai macam himbauan, seperti Work from Home (Bekerja di Rumah) dan Learning from Home (Belajar di Rumah).

Sehubungan dengan maraknya wabah COVID -19 saat ini sangat dianjurkan untuk melakukan pola hidup yang sehat. Salah satu diantaranya adalah rajin berolah raga dan dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik di bawah terik sinar matahari. Untuk memperoleh berbagai manfaat paparan sinar matahari dengan risiko efek samping yang kecil, kita disarankan berjemur jam 10.00 pagi,karena menurut penelitian sinar matahari pagi jam 10.00 akan menghadirkan sinar ultra violet B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan dapat membunuh virus COVID -19.

Berjemurlah selama 5 - 15 menit, sebanyak 2 - 3 kali seminggu. Bila perlu, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Paparan sinar matahari pagi memiliki beragam manfaat bagi tubuh, namun terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat berbahaya bagi kulit. Pastikan Anda berjemur pada waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari berjemur di pagi hari:

 

1. Meningkatkan produksi vitamin D

Paparan sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Vitamin D diperlukan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.

Tidak hanya itu, vitamin D juga dapat membantu mencegah beragam penyakit, seperti rakhitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, serta multiple sclerosis.

 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi.

 

3. Memperbaiki kualitas tidur

Paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur Anda dapat terganggu

 

4. Mengatasi penyakit kulit

Mendapatkan paparan sinar matahari pagi hari juga diyakini bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, mulai dari jerawat, eksim, hingga psoriasis.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai aturan dan lamanya waktu berjemur sesuai kondisi kulit Anda.

 

5. Mencegah depresi

Paparan sinar matahari di pagi hari juga mampu menghindarkan Anda dari depresi. Kurangnya paparan sinar matahari dapat menurunkan kadar hormon serotonin di dalam tubuh, sehingga lebih mudah terjadi depresi.

 

6. Menekan risiko kanker

Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang bisa memicu kanker kulit. Namun dalam kadar yang tepat, paparan sinar matahari justru bisa mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker getah bening (limfoma Hodgkin).

 

Dalam upaya kegiatan promotif dan preventif, Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) berkoordinasi dengan bagian Sumber Daya Manusia (SDM) mengajak kepada seluruh karyawan RS Cahya Kawaluyan untuk berjemur dibawah sinar matahari pada pagi hari.