Cara Mengatasi Keracunan Pada Anak-Anak


Dalam masa saat ini dimana ayah dan bunda sibuk bekerja, hal yang paling ditakutkan oleh keluarga baru yang memiliki bayi dan balita salah satunya adalah keracunan. Masuknya zat racun ke dalam tubuh anak dapat melalui kulit, saluran pernapasan, dan seluruh saluran pencernaan. Macamnya bisa keracunan makanan, detergen, obat-obatan, menghirup zat beracun, dan hal-hal lain yang dapat membahayakan terutama untuk anak anda.
 
Kebiasaan dari si kecil terutama kebiasaan untuk memasukkan apa saja yang ditemui oleh anak anda ke dalam mulut. Rasa ingin tahu dan selalu mencoba hal baru juga dapat menyebabkan keracunan. Keracunan adalah suatu keadaan darurat dan membutuhkan penanganan segera karena dapat berakibat fatal meskipun hanya sedikit zat yang masuk ke dalam tubuh, terutama anak anak.
 
Gejalanya:
Khusus untuk keracunan, gejala yang ditimbulkannya dapat beragam dan tidak khas tergantung masuknya zat racun tersebut. Tetapi gejala umumnya berupa:
·         Kulit muka memerah.
·         Banyak keringat.
·         Muntah.
·         Diare.
·         Timbulnya luka bakar.
·         Telinga berbunyi hingga tuli.
·         Sesak napas hingga henti napas.
·         Kejang
·     Terciumnya bau yang khas akibat zat beracun  atau ditemukan penyebab keracunan disekitar anak anda.
·         Hilang kesadaran, Dan lain-lain.
Semua gejala di atas hanya sebagian kecil saja karena begitu beragamnya gejala yang mungkin timbul. Setiap gejala tergantung jenis racun, jalan masuknya racun dan jumlah zat yang masuk.
 
Cara mengatasi:
·       Jika memungkinkan segera membawa anak ke rumah sakit terdekat.
·       Bebaskan jalan napas anak dengan melongarkan pakaiannya agar dapat bernapas dengan baik.
·       Merangsangnya untuk muntah agar mengeluarkan zat racun yang tertelan. Bisa merangsangnya secara manual. Bisa juga dengan memberikan Sirup Ipecac untuk merangsang anak agar muntah. Pada anak usia 6-12 bulan, berikan 1 sendok makan, usia 1-12 tahun diberikan 1 1/2 sampai 2 sendok makan dan usia lebih dari 12 tahun dapat diberikan 3 sendok makan.
·      Jika sudah ditangani oleh dokter, segera mencari penyebab keracunan dan hindarkan anak-anak dari benda yang dapat membahayakan, jangan sampai terjangkau oleh anak-anak.
 

Bilamana hal ini terjadi pada anak anda, Segera hubungi kami
Instalasi Gawat Darurat RS. Cahya Kawaluyan
di nomor 022 - 6803700 ext 1154/1155/1136/1138
Jl. Raya Parahyangan KM 3 Kota Baru Parahyangan
Padalarang, Bandung Barat
,