Medical Check Up

Pentingkah Medical Check Up?
oleh: Dr. Valentina Erlitasari
 
 
Dewasa ini, terdapat perubahan gaya hidup mendasar yang ternyata mempengaruhi status kesehatan seseorang dan sayangnya lebih dekat kepada mereka dengan gaya hidup modern, di antaranya : stress meningkat, kurangnya olahraga, diet yang tidak seimbang, merokok, dan alcohol. Dan tidak sedikit yang mengabaikan gejala seperti sering sakit kepala, lelah, nyeri dada, berdebar-debar, nyeri lambung, kembung, dan lainnya.
 
Deteksi dini dan pencegahan adalah cara terbaik untuk melihat keadaan kesehatan yang sebenarnya bagi seseorang. Menurut AMA (American Medical Association), MCU memberikan banyak manfaat yang dapat memperbaiki status kesehatan dan menjaga kebugaran.
Berikut lima alasan pentingnya Medical Check Up :

1. Skrinning
   Skrining rutin, seperti pemeriksaan kolesterol dan diabetes, papsmear dan pemeriksaan payudara, dapat mendeteksi tanda-tanda dari penyakit pada permulaan dan pada level yang masih dapat diatasi. Tidak sedikit juga penyakit keganasan dapat dicegah melalui skrinning.
Pemeriksaan tahunan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah saat yang tepat untuk mendapatkan rekomendasi imunisasi
 
2. Pengukuran Kesehatan
Pada saat pemeriksaan keadaan umum, informasi seperti berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dan frekuensi nadi akan diukur, dan dapat dibandingkan dengan keadaan kesehatan sebelumnya apakah ada perubahan signifikan yang terjadi, misalnya darah tinggi atau berat badan yang meningkat atau menurun drastis adalah indikasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
 
3. Konseling
Pemeriksaan kesehatan tahunan juga merupakan kesempatan untuk menerima konseling dari Dokter Anda mengenai isu-isu kesehatan. Dokter Anda akan menyampaikan mengenai faktor resiko dan tindakan pencegahan untuk menghindari masalah tersebut.
 
4. Medical Records Update
Data klinis Anda akan diperbaharui saat Anda melakukan MCU. Sangatlah penting memiliki data mengenai riwayat penyakit sebelumnya, tes laboratorium, imunisasi dan pengobatan yang pernah didapatkan.
 
5. Mengurangi Kekhawatiran
Mengetahui kondisi kesehatan Anda secara rutin dapat mengurangi kekhawatiran Anda dan tentu saja menghilangkan stress Anda.
 
Lalu apa saja yang diperiksa untuk Medical Check Up? Delapan puluh persen penegakan diagnosis dipegang oleh Anamnesa, sehingga pengumpulan riwayat kesehatan Anda sangat diperlukan dan wawancara mengenai keluhan kesehatan Anda juga diharapkan yang sebenar-benarnya. Setelah wawancara kesehatan, Anda mulai akan diperiksa secara fisik.

Berikut adalah item pemeriksaannya :
a. Tanda Vital
Tanda-tanda vital yang diperiksa saat Anda melakukan Medical Check Up :
1. Tekanan Darah; kurang dari 120/80 adalah nilai yg normal, sedangkan lebih tinggi sama dengan 140/90 dinyatakan Hipertensi.
2. Denyut Jantung; range normal antara 60 – 100x permenit
3. Frekuensi Pernapasan; dari 12 – 16x permenit adalah nilai normal untuk dewasa
4. Suhu; range 36.5 – 37.5 adalah angka yang diharapkan
 
b. Pemeriksaan Fisik; dengan mennggunakan Inspeksi (melihat), Palpasi (meraba/menekan), Perkusi (mengetuk), dan Auskultasi (mendengarkan melalui stetoskop), seorang Dokter dapat mengumpulkan data dari sistem tubuh Anda mulai dari kepala hingga anggota gerak, tidak tertutup kemungkinan dilakukan pemeriksaan pada area genitalia tentunya atas seijin pasien.
 
c.  Laboratorium; Tidak ada pemeriksaan laboratorium spesifik yang diharuskan untuk MCU, namun disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Adapun garis besar yang dapat diperiksa untuk melihat secara umum keadaan kesehatan adalah :
   1. Darah Lengkap
   2. Panel Kimia Klinik
   3. Urinalisis
Pemeriksaan tambahan lain juga diperlukan terutama bila pasien memasuki usia tertentu atau aktivital tertentu, misal pada laki-laki usia >50 tahun , disarankan memeriksakan PSA dan Hormon Testosteron, sedangkan pada wanita yang telah menikah atau aktif secara seksual pemeriksaan Papsmear sangat disarankan.
 
d. Penunjang Lainnya; Mulai dari pemeriksaan Rontgen Thorax (Dada) hingga yang advanced, dilakukan sesuai kebutuhan.
   1. EKG; untuk usia >35 tahun
   2. Spirometri
   3. Audiometri
   4. USG Payudara / Abdomen / Echocardiography
   5. Treadmill Test
   6. Dll
 
Tidak ada batasan waktu khusus untuk melakukan MCU, namun jika hingga saat ini Anda belum pernah melakukan MCU secara lengkap, Anda sebaiknya memulainya. Dari pemeriksaan tersebut apabila didapatkan indikasi untuk follow up mengenai kesehatan Anda, Anda kemudian akan mulai memiliki jadwal rutin untuk bertemu dengan dokter Anda. Jika tidak, Anda dapat mengulangnya minimal 1 tahun ke depan.
Apabila dalam keluarga Anda memiliki fakor resiko kesehatan seperti Kanker, Penyakit Jantung, dll, Anda sebaiknya memeriksakan keadaan kesehatan Anda minimal 1 tahun sekali.
 
Berikut adalah saran untuk persiapan Medical Check Up yang perlu Anda ketahui :
     1. Pilih fasilitas MCU yang tepat, mempertahankan mutu, dan memiliki fasilitas penunjang lengkap.
     2. Pastikan appointment / perjanjian ke fasilitas tersebut.
     3. Lakukan MCU di pagi hari, saat kondisi tubuh Anda fit (Istirahat cukup)
     4. Datang tepat waktu.
     5. Puasa Makan dan Minum 10 – 12 jam, sesuaikan dengan paket pemeriksaan yang Anda pilih.
     6. Informasikan obat-obatan yang Anda konsumsi rutin sesuai dengan instruksi dokter Anda kepada petugas MCU untuk dicatat.
Berikan waktu terbaik anda untuk Medical Check Up dan biarkan kami dapat melakukan yang terbaik untuk kebugaran dan kesehatan anda.
 
Bila anda membutuhkan informasi tentang Medical Check Up, anda dapat menghubungi:
Klinik Medical Check Up
RS. Cahya Kawaluyan
Jl. Raya Parahyangan KM 3
Kota Baru Parahyangan
Padalarang, Bandung Barat
No telp : 022 680 3700 ext 1136 / 1138
 
Senin s/d Sabtu Pukul 07.30 - 10.00,