[PKRS] Bulan Vitamin A


BULAN VITAMIN A
 

 
Mata merupakan suatu panca indra yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk melihat. Dengan menggunakan mata, kita dapat melihat berbagai macam isi dunia dan bukan hanya itu untuk melakukan kegiatan sehari-hari pun sangat membutuhkan peran panca indera yang satu ini. Jika mata mengalami gangguan atau penyakit mata, maka akan berakibat sangat fatal bagi kehidupan manusia. Jadi sudah semestinya mata merupakan anggota tubuh yang perlu dijaga dalam kesehatan sehari-hari.

Vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan di hati, tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar (esensial), berfungsi untuk penglihatan, pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. (Depkes RI, 2005)

Di bulan Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Pada kedua bulan ini akan dilakukan pembagian sumplementasi vitamin A bagi umur 6 - 59 bulan. Kapsul biru (dosis 100.000 IU) diberikan untuk bayi umur   6 - 11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak berumur 12 - 59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas.
               
Vitamin A penting untuk kesehatan mata, mencegah kebutaan dan yang lebih penting lagi vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak.

Dalam kegiatan bulan vitamin A ini, bagian Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Rumah Sakit Cahya Kawaluyan (PKRS - RSCK) ikut berperan aktif dalam pelaksanaan pemberian vitamin A di Posyandu daerah binaan Rumah Sakit Cahya Kawaluyan (RSCK). Adapun kegiatan pemberian vitamin A dilakukan di Posyandu RW 10 yaitu pada tanggal 1 Februari 2017 dan Posyandu RW 12 pada tanggal 13 Februari 2017. 

























bilamana ada yang ingin anda ketahui, anda dapat juga menghubungi:
Bagian Customer Service atau Bagian Informasi
dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS)
RS. Cahya Kawaluyan (Grup RS. Santo Borromeus)

Jl. Raya Parahyangan KM 3 Kota Baru Parahyangan
Padalarang, Bandung Barat
Telp. 022-6803700 Ext 1136/1138

,